Swift

Kedung Cinet Grand canyon mini Jombang

Panorama alam Kedung Cinet cukup asri. Pemandangannya indah, hutannya pun lebat mengundang selera. Air bening mengalir deras mengikis bebatuan di pinggiran sungai hingga keputih-putihan. Keanekaragaman stalaktit dan stalakmit sungguh mempesona. Lokasinya memang cukup terpencil. Jauh dari keramaian kota Kecamatan Plandaan. Tetapi tak sulit ‘dijangkau tangan’.

Untuk bisa sampai ke tempat yang luar biasa indahnya ini, mulai dari Land Mark Kabupaten Jombang , yakni Ringin Contong, kita menuju ke Perempatan Sambong. Setelah itu, kita menuju ke Jalan Menuju ke Ploso. Sampai di Jembatan Ploso, kita berbelok ke arah kiri. sekitar 4 Km, ada pertigaan yang terdapat Polsek Kecamatan Plandaan ( di desa Karang Mojo ) kemudian kita belok ke arah kanan. Dari situ kita luruuuuus saja. Penduduk setempat akan memberi tahu letak Kedung Cinet tersebut.

Meski Jokasinya berada di tengah hutan belantara, tidak berarti ia tidak pernah dikunjungi orang. Buktinya, setiap harinya, terlebih hari libur dan Minggu, puluhan bahkan ratusan manusia -termasuk dari luar desa- berkumjung ke sana. Salah satu daya tariknya adalah pemandangan alam yang terhampar di sekitarnya. Celah bebatuan yang menjadi pembatas (tebing) aliran sungai, mirip stalaktit dan stalakmit yang menggelantungan dan bertebaran di mulut dan dinding goa. Warnanya pun mengundang selera. Selain berwarna mirip batu sungai pada umumnya, banyak diantaranya yang berwarna dominan keputihan.