Swift

Pantai balangan di bali

Tersembunyi di bagian selatan Pulau Bali, pantai yang berada di wilayah Pecatu ini terletak diantara dua bukit karang yang terjal. Mungkin dulunya Pantai Balangan ini terbentuk karena hantaman ombak yang membelah bukit bagian pulau selatan Bali ini. Memang hampir setiap pantai yang berada di wilayah selatan Bali bertipe sama yaitu dihimpit oleh bukit karang. Untungnya tidak seperti Pantai Tegalwangi, di pantai ini sudah terdapat anak tangga untuk menuju ke kawasan pasir putih pantainya, sehingga aksesnya cukup mudah.
Pantai Balangan dengan panjang garis pantai kurang lebih 1 km ini menghadap ke arah utara, sehingga saya bisa melihat aktifitas Bandara Internasional Ngurah Rai di kejauhan. Untuk bagian timur dibatasi dengan tebing tinggi dengan lekukan dibawahnya karena tergerus oleh ombak.

Bagian pantai di dominasi oleh rangkaian pohon kelapa yang tertata dengan rapi dan unik. Pengunjung juga dapat melihat aktifitas bandara ngurah rai dari pantai ini, pada bagian timur wisatawan bisa melihat tebing tinggi sebagai pembatas dan terdapat lekukan yang tergerus oleh ombak.
Pada bagian barat pantai dibatasi oleh tebing tinggi yang penuh dengan tumbuhan, terutama pohon kelapa, selain itu juga terdapat semacam pondok untuk menikmati pantai dari ketinggian. Jika kondisi laut sedang surut kita bisa berjalan menuju pantai Dreamland dengan terus kearah barat dengan menyusuri bibir pantai.
Pasir di pantai ini sedikit lebih kasar jika di bandingkan dengan pantai lain di bali. Fasilitas di pantai balangan cukup lengkap, diantaranya cafe dan penginapan di sekitar pantai. Pada bagian pantai tedapat warung-warung beratap ilalang, seperti bernuansa hawai. Pengunjung bisa menikmati merdunya deburan ombak sambil menyantap mie instan dan bir dingin, sajian favorit para artis, jejeran kursi malas tanpa penghuni menjadi pemandangan lain di pinggir Balangan.

Selain menikmati suasana pentai, wisatwan juga bisa menjajal ombak di pantai ini dengan berselancar atau surfing. Berenang dan surfing nampaknya merupakan aktifitas yang menjadi daya tarik pantai Balangan ini, namun karena pantai ini terletak di bagian selatan Bali yang ombaknya cukup besar, anda harus selalu waspada, selain itu juga tidak ada penjaga pantai yang bertugas di pantai ini.
Untuk menuju Pantai Balangan, dari Kuta, anda menuju kearah jimbaran terus naik ke Bukit kawasan Uluwatu. Ikuti saja jalan raya yang menuju obyek Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK). terus saja hingga kamu menemukan perempatan( Nirmala supermarket), di mana jalan ke kiri menuju Bali Cliff, jalan lurus menuju Uluwatu, dan yang ke kanan menuju Pantai Balangan. Ikuti saja jalan itu.


You Might Also Like

0 comments