Swift

Air terjun putuk truno pasuruan

Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian air sekitar 45 m dan berada kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Air Terjun berada kawasan wisata Tretes dan berjarak hanya sekitar 400 m dari Air Terjun Kakek Bodo.
Konon, nama air terjun ini diambil dari mitos seseorang yang bernama Joko Truno, seseorang yang bertapa disekitar lokasi air terjun hingga menjelma menjadi ular (Putuk).
Berjarak sekitar 55 km ke arah selatan kota Surabaya. Dari pintu masuk utama yang berada di jalan Putuk Truno Pringgen, sekitar 500 m dari jalan raya Pandaan – Tretes. Kondisi jalan ini menanjak hingga menuju pos masuk.

Dari pintu masuk utama, kita harus menuruni jalan setapak kurang lebih 300 m untuk mencapai air terjun ini. Di beberapa tempat, Anda akan melihat peringatan untuk berhati-hati karena daerah tersebut rawan longsor. Sisi kanan kita adalah tebing, sementara di samping kiri kita sungai yang tertutupi oleh rimbunnya pepohonan. Di atas tebing sebelah kiri, kita dapat melihat vihara yang persis dibangun di pinggir tebing.

Di sekitar Air terjun Putuk Truno, disediakan tempat duduk, sehingga yang tidak mau berbasah-basah ria bisa melihat indahnya percikan air terjun dari atas, dan pemandangan alam sekitar, sambil makan bekal makanan yang Anda bawa dari rumah. Tapi bila Anda mau berbasah ria, ada tangga yang bisa Anda turuni sampai ke air terjun.

 

Ticket masuk
1. Karcis masuk @ Rp. 6.000,-
2. Parkir motor @ Rp. 2.000,-




Wisata air terjun ini sudah dikelola pemerintah sehingga tempatnya pun cukup terawat dan bersih. Air terjunnya indah dan bening. Airnya mengalir deras dan cukup mempesona dengan pemandangan tebing-tebing disekitarnya dan batu-batuan yang bertengger di sana. Ditambah hijau dedauan dan pohon-pohon disana membuat air terjun ini terasa nyaman dan asri.

 Fasilitas di wisata air terjun ini sudah cukup memadai yaitu adanya warung-warung, toilet dan taman serta tempat berteduh dan bangku-bangku yang bisa kita gunakan untuk bersantai selama berada di sana. 

You Might Also Like

0 comments