Swift

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu terletak di puncak Gunung Kelimutu, di ketinggian 1.631 m dari permukaan laut. Danau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu. Jadi, kamu bisa menemukan berbgai flora dan fauna menarik di sini. Flora yang bisa ditemui di sekitar danau, antara lain Kesambi (Schleichera oleosa), Cemara (Casuarina equisetifolia), dan bunga abadi Edelweiss. Fauna yang bisa ditemui pengunjung di kawasan danau ini antara lain, rusa, babi hutan, ayam hutan, dan burung elang.
Warna Danau

Keistimewaan Danau Kelimutu adalah tiga kawah raksasa yang berair dan memiliki warna yang berbeda-beda. Warna danau selalu berubah tiap tahun. Pertama kali ditemukan warna danau adalah merah, putih, dan hijau. Beberapa tahun terakhir, warna air di salah satu danau berwarna merah dan bisa berubah menjadi hijau tua atau merah hati. Danau kedua berwarna hijau tua dan bisa menjadi hijau muda. Danau ketiga berwarna coklat kehitaman dan bisa berubah menjadi warna biru langit.

Selain dikenal dengan nama Danau Kelimutu, tempat wisata ini juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna. Sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan karena tiga kawah dengan jarak yang berdekatan, namun memiliki warna air yang berbeda. Warna air danau umumnya adalah merah, putih dan biru, namun bisa berubah menjadi hijau, hitam dan coklat, atau variasi warna lainnya. Uniknya, saat para peneliti mencoba mengambil air danau ini sebagai sampel, airnya bening tanpa warna.

Jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik dari Danau Kelimutu, berangkatlah mendaki antara jam 2-3 pagi dari Moni yang merupakan desa terdekat dengan lokasi danau. Sesampainya di puncak, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit di atas Danau Kelimutu yang luar biasa indah.

You Might Also Like

0 comments