Swift

Air Terjun Tancak

Tancak adalah daerah perbukitan sekitar 16 km arah Barat Daya kota Jember. Di Tancak inilah terdapat air terjun tertinggi di kabupaten Jember, dengan ketinggian 82 m dan debit air 150 meter kubik perdetik menjadikan air terjun Tancak sebagai obyek wisata alam andalan kabupaten Jember.


Air terjun tancak berada di kecamatan Panti, jika perjalanan dimulai dari kota Jember, ambil arah barat (arah ke Surabaya). Sampai di traffic light pertigaan Polsek Rambipuji ambil arah kanan (ikuti papan petunjuk arah Tancak). Ikuti jalan tersebut hingga anda sampai di Perkebunan Gunung Pasang sejauh kurang lebih 11 km. Setelah melewati portal kompleks kantor perkebunan, ambil arah kiri, ikuti saja jalan tersebut melewati sungai dan perkebunan kopi hingga anda sampai di kompleks perumahan karyawan kebun. Sampai disini, anda memerlukan jasa pemandu karena medan untuk mencapai lokasi cukup menantang, melewati jalan setapak dan beberapa sungai kecil. Saya sarankan anda menggunakan motor trail/sejenisnya. Namun demikian motor hanya bisa sampai di pos kebun kopi ujung, setelah itu anda harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 1 km melewati beberapa sungai dan lereng pegunungan. 

Anda dapat melihat berbagai pemandangan indah,elok ,sejuk dan dikelilingi oleh aliran sungai yang jernih yang bisa mengajak anda untuk hidup kembali ke alam.

You Might Also Like

0 comments