Swift

Pantai sowan tuban

 Pantai sowan, merupakan objek wisata alam dan pantai yang ada di sebelah barat kabupaten tuban tepatnya di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Objek wisata ini menawarkan eksotisme alam dan pantai. Meskipun naman dari objek wisata ini “pantai sowan” yang berarti pantai yang ada disowan, namun tak hanya pantai yang bisa anda nikmati bila berkunjung ke wahana wisata ini. Ketika anda memasuki pintu gerbang utama masuk wahana wisata anda akan disuguhkan pepohonan rindang bak hutan dengan hamparan pohon akasia, klampis, dan mahoni. Ini karena wisata ini dulunya merupakan Tempat Penyimpanan Kayu (TPK).

 

Rute, akses atau Jalur Menuju Wisata Pantai Sowan

1. Jalur Menuju Wisata Pantai Sowan dari Tuban-jawa timur

Start dari terminal baru tuban langsung saja lurus mengikuti jalur pantura tuban-semarang/rembang. Kurang lebih 40KM dari Kota tuban sampai wisata pantai sowan.
Apabila anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan sarana transportasi umum yang beroperasi disekitar wialayah tersebut, yaitu apabila dari surabaya/tuban anda bisa menaiki angkutan bus antar kota antar provinsi. Yaitu Bus yang biasanya terdapat tulisan “Surabaya-Tuban-Semarang”, diantaranya Bus ini berlabel :Widji, Indonesia, Sinar mandiri, Jaya utama, dll. Setelah anda menaiki diantara bus tersebut langsung saja anda bilang turun bancar atau sowan atau pantai sowan. Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum antar kecamatan kekota, dari kota ke kecamatan yaitu mobil “Len” atau “colt” yang beroperasi dari TUBAN-BULU. Untuk menggunakan transportasi “colt” ni anda harus berada diwilayah sekitar kota tuban. Apabila anda dari surabaya kecapek'an anda bisa minta turun dari bus pada kota tuba, bisa di “rest area “ atau “terminal baru tuban”. Sampai disana anda bisa sejenak melepas penat menikmati laut kota tuban. kemudian baru mencari mobil “colt” TUBAN-BULU. Setelah anda menaiki diantara “Len” atau “colt” tersebut langsung saja anda bilang turun bancar atau sowan atau pantai sowan.

Sepanjang perjalanan Anda akan melewati beberapa desa atau kecamatan diantaranya kecamatan jenu. Kebarat akan anda temui hutan “jati peteng” jenu, kemudian desa glondong yang terdapat pelabuhan PT.SEMEN GRESIK/SEMEN INDONESIA. Saat ini dan juga Pelabuhan Semen HOLCIM Tuban Plant, berikutnya anda akan melewati kecamatan tambakboyo, setelah itu sampailah anda di kecamatn bancar. Dari pusat atau kantor kecamatan bancar maka tinggal beberapa meter lagi anda sampai pada wahana wisata pantai sowan tepatnya sebelah barat kecamatan bancar. Anda tak perlu khawatir tersesat oleh rute jalan. karena tempat wisata ini pintu masuknya terdapat pas di pinggir jalan pantura. Setelah anda melewati kecamatan bancar cobalah sesekali lirikkan mata anda kesebelah kanan [utara jalan] dan temukan tulisan “Wahana Wisata pantai sowan” yang terdapat di pinggir pantura pintu masuk wisata. Atau anda bisa bertanya penduduk warga sekitar yang bermukim disekitar sana. Nama dari wahana wisata “pantai sowan” oleh warga sekitar sowan dan warga kecamatan bancar pada umumnya juga sering mereka kenal “TPK” yaitu Tempat Penyimpanan Kayu dulunya. Jadi selain anda melontarkan pertanyaan dengan kata “tempat wisata pantai sowan sebelah mana ?..” cobalah anda sebutkan “lokasi TPK sebelah mana?..” . Karena warga bancar sekitar lebih mengenal TPK daripada pantai sowan. Walaupun kenyataanya diluar kota lebih dikenal dengan sebutan “pantai sowan” daripada “TPK”.

2. Jalur Menuju Wisata Pantai Sowan dari Arah Semarang - Rembang - Jawa tengah
Apabila anda start dari kota rembang langsung saja lurus mengikuti jalur pantura semarang/rembang menuju surabaya. Kurang lebih 45KM dari Kota rembang sampai wisata pantai sowan.
Sepanjang perjalanan anda akan melewati bebrapa kota kecamatan maupun desa diantaranya kota rembang, kec. Pati, Sluke, pandangan,kragan, sarang, sampai diperbatasan jatim-jateng anda akan melewati desa Sukolilo, BULU, Setelah anda melewati Desa BULU cobalah sesekali lirikkan mata anda kesebelah kiri [utara jalan] dan temukan tulisan “Wahana Wisata pantai sowan” yang terdapat di pinggir pantura pintu masuk wisata. Atau anda bisa bertanya penduduk warga sekitar yang bermukim disekitar sana. Nama dari wahana wisata “pantai sowan” oleh warga sekitar sowan dan warga kecamatan bancar pada umumnya juga sering mereka kenal “TPK” yaitu Tempat Penyimpanan Kayu dulunya. Jadi selain anda melontarkan pertanyaan dengan kata “tempat wisata pantai sowan sebelah mana ?..” cobalah anda sebutkan “lokasi TPK sebela mana?..” . Karena warga bancar sekitar lebih mengenal TPK daripada pantai sowan. Walaupun kenyataanya diluar kota lebih dikenal dengan sebutan “pantai sowan” daripada “TPK”.


Tiket Biaya Masuk Wisata Pantai Sowan Tuban
Tarif untuk memasuki wahana wisata pantai sowan tersebut itu berkisar dari Rp.5000-15.000 [saat ini : april thn 2015] tergantung anda masuk menggunakan apa dan dengan siapa.
1. Apabila anda jalan kaki sendiri cukup bayar : 5000
2. Bawa motor Sendiri : 7000
3. Bawa motor boncengan berdua : 12.000

Wisata Pantai Sowan menyediakan fasilitas antara lain : toilet, mushola, gerbang, loket, area bermain, terdapat hewan langka juga seperti ular phiton, kera, burung kakak tua, dan masih ada beberpa hewan unik lainya. Didalam wahana tersebut juga terdapat papan penunjuk arah,  terdapat juga instalasi listrik dan air, dan warung atau toko yang berjualan disekitarnya.

You Might Also Like

0 comments