Swift

Pantai Sundak Gunungkidul

wisata Pantai Sundak berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, pada wilayah Desa Sidoharjo, dalam Kecamatan Tepus. Bagi anda yang memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju objek wisata ini maka diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke Pantai Sundak. Dari Yogyakarta maka anda akan melewati wilayah Wonosari kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju pantai ini karena jalanannya pun aman dan mulus. Selama perjalanan pun anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menarik
.


Pantai Sundak menyuguhkan pemandanagan dan suasana yang istimewa diantaranya tebing karang yang berada di sisi timur dan barat. Pasir putih terhampar bersih menambah indahnya pemadangan di pantai ini. Keistimewaan lainya dari pantai ini adalah terdapatnya karang-karang kecil yang tersebar sampai sekitar 30 m dari bibir pantai. Karang-karang tersebut permukaannya tidak kasar akan tetapi halus dan akan terasa lembut di kaki karena permukaan dari karang tersebut di diselimuti tumbuhan laut menyerupai rumput.


Pantai Sundak memiliki pasir putih dan batu karang berlumut yang indah. Anda dapat menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan Pantai Sundak ini di Gubug kecil yang sudah disediakan oleh warga sekitar di pesisir pantai. Gubug tersebut memang disewakan untuk pengunjung, namun tidak ada biaya yang dipatok karena pengunjung dapat membayar seikhlasnya.
Berdasarkan sejarah yang beredar di masyarakat, Nama Sundak berasal dari cerita pertarungan anjing (asu) dan landak. Pertarungan yang dimenangkan oleh anjing tersebut akhirnya membuat pantai tersebut di namakan dengan Pantai Sundak. Rute yang harus dilewati untuk menuju pantai ini relatif mudah karena anda hanya perlu mengikuti jalan setelah anda bertemu dengan Pantai Kukup. Arahnya menuju ke timur sekitar 3 Kilometer dan anda dapat menikmati keindahan dari Pantai Sundak.


Tarif masuk:

- Rp 5000 per orang (hari besar)
- Rp 4000 per orang (hari biasa)

You Might Also Like

0 comments