Swift

Air Terjun Sekar Langit, Magelang, Jawa Tengah

Air Terjun Sekar Langit adalah sebuah air terjun di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang berada di lereng gunung Telomoyo, gunung yang membatasi Kota Magelang dan Salatiga. Air terjun yang bernama Sekar Langit ini, dipercaya warga setempat sebagai pemandian bidadari dalam dongeng legenda Jaka Tarub.

Objek wisata air terjun Sekar Langit lebih banyak pengunjung terutama saat akhir pekan atau Hari Sabtu dan Minggu ataupun musim liburan panjang, ketimbang hari biasa, dengan tiket masuk setiap orang Rp2.300, termasuk asuransi.

Jumlah kunjungan cukup banyak terutama saat musim kemarau dengan tetap memancarkan keindahan air terjun itu dan udara sejuk kawasan setempat. 

Saat musim hujan juga ada pengunjung setiap hari. Akan tetapi mereka selain berwisata, juga harus selalu waspada terhadap perubahan kondisi cuaca agar tetap dapat menikmati suasana air terjun itu dengan aman dan terhindari dari kemungkinan bahaya air bah. 

Pemerintah Kabupaten Magelang telah memasang berbagai peringatan yang harus diwaspadai pengunjung Sekar Langit, khususnya saat musim hujan

Untuk mencapai lokasi air terjun itu, dari lokasi parkir kendaraan yang cukup luas di depan pintu gerbang kawasan Sekar Langit, wisatawan kemudian berjalan kaki sejauh sekitar 400 meter dengan melewati jalan setapak di antara perbukitan dengan berbagai pepohonan.

Wisatawan juga melewati jembatan gantung terbuat dari bambu yang cukup kuat dan selalu terawat oleh petugas untuk kemudian mencapai lokasi air terjun Sekar Langit.

Keindahan alam yang lahir di sekitar Air Terjun Sekar Langit didominasi beragam vegetasi dan pohon-pohon hijau, keanekaragaman hutan juga masih terjaga, jika anda beruntung, anda dapat menjumpai berbagai jenis burung hutan yang unik dan menarik, dan selalu bersiul disekitar hutan. Selain sebagai tempat peneduh pikiran dari kepenatan, lokasi wisata tersebut dipercaya warga setempat bahwa air yang mengalir pada Sekar Langit menyimpan kasiat untuk menyembuhkan.
Ya, dapat dilihat dari kerumunan wisatawan yang berbondong-bondong datang dan mandi serta mengambil air di lokasi tersebut. Warga disekitar air terjun ini percaya bahwa air dari Air Terjun Sekar Langit memiliki khasiat, baik untuk penyembuhan penyakit yang ringan seperti gatal-gatal sampai kepada penyakit kronis. Selain itu juga air ini dapat menambah aura kecantikan bagi seorang perempuan.
Caranya dengan mandi atau cukup sekedar membasuh muka saja. Ada pula anggapan lain tentang erotisme khasiat dari air terjun ini, yaitu mampu untuk menambah padat, berisi dan kencang payudara bagi perempuan. Air terjun Sekar Langit juga dipercaya sebagai ruang untuk mencari jodoh. Jika para pengunjung beruntung, maka pengunjung dapat menyaksikan sebuah ritual untuk mendapatkan jodoh.
Ritual untuk mendapatkan jodoh biasanya dilakukan dengan meditasi di malam hari, yaitu pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon, dengan cara membakar dupa atau kemenyan sambil menghadap ke arah timur laut. Umumnya tempat yang dipilih untuk melakukan ritual tersebut adalah di sebuah batu berdiameter sekitar 5 meter yang terletak di sebelah selatan air terjun.
Konon di tempat ini adalah tempat yang paling makbul, dimana dulunya Joko Tarub mengintip bidadari-bidadari yang sedang mandi di Sekar Langit tersebut. Selain kenikmatan panorama alam dan kesegaran curahan mata air dari Air Terjun Sekar Langit, objek wisata tersebut terkenal dengan kepercayaan lokalnya. Ya, untuk menuju ke tempat pemandian bidadari legenda jaka tarub tersebut, pengunjung dapat menempuhnya dari Kopeng.

You Might Also Like

1 comments