Swift

Pulau Kanawa, Flores

Pulau Kanawa, Flores .Di sekitar Labuan Bajo ada beberapa pulau kecil yang dibuka sebagai resort untuk para wisatawan yang ingin merasakan keelokan pulau di perairan Flores. Salah satu diantaranya yang memukau adalah Pulau Kanawa. Dari Labuan Bajo kita harus menempuh perjalanan dengan kapal cepat selama kurang lebih 1 jam.



Pilihan transportasi yang bisa dipilih adalah misalnya dengan menumpang kapal milik Kanawa Island Bungalow yang memiliki kantor di Labuan Bajo pada jam yang telah ditentukan yaitu jam 10 pagi bila ingin gratis, namun bila selain dari jam itu biasanya dikenakan biaya 250 ribu per perahu, lebih murah bila beramai-ramai. Pulau ini memiliki luas sekitar 32 hektar dengan memiliki bukit yang mendominasi wilayah Pulau. Ketika pertama kali sampai di Kanawa, di sepanjang dermaga pemandangan yang disajikan baik dari bawah laut yang jernih berwarna biru kehijauan serta pemandangan bukitnya membuat siapapun langsung jatuh cinta pada pandangan pertama pada pulau ini. Kanawa sendiri dikelola oleh orang dari Italia yang menyewanya selama puluhan tahun kepada seseorang yang diduga memiliki pulau tersebut. Namun pekerja yang ada di pulau adalah orang asli Flores yang semuanya ramah. Harga kamar di Pulau Kanawa ini berkisar dari 330 ribu-370 ribu.

Pulau ini memang sangat cocok bagi yang ingin mencari ruang pribadi sekalian untuk menikmati liburan “like a boss”, karena di sini hanya tersedia kamar sebanyak 14 buah. Kamarnya sendiri adalah sebuah rumah panggung yang berlantai kayu, berdinding bamboo di cat putih, serta atapnya dihiasi daun kelapa-rumbia yang disampingnya ada kamar mandi namun tidak ada atapnya plus disediakan hammock di setiap kamar. Jangan salah sangka walau tradisional namun interiornya cukup berkelas seperti hotel kebanyakan hanya saja tanpa AC.

Pulau Kanawa menawarkan eksotisme pantai, perbukitan, dunia bawah laut serta pemandangan laut yang menakjubkan dari atas bukit. Pantainya lumayan panjang dengan pasir putih dan bersih. Beberapa titik di depan pulau ini, di dekat dermaga, cukup dangkal sehingga sangat asyik digunakan untuk berenang.  


Persediaan listrik dan air bersih di Pulau Kanawa masih sangat terbatas. Dimana pengisian air bersih hanya terdapat satu kali, yaitu sekitar pukul 16.00 WIT. Dan, untuk urusan listrik hanya bisa hidup dari pukul 18.00 WIT sampai 23.00 WIT. Namun, dengan adanya 'keterbatasan' ini di tengah malam kita dapat menyaksikan keindahan stargazing (rasi bintang) karena pulau tersebut benar-benar gelap gulita.
Tak hanya penginapan, di Pulau Kanawa juga terdapat restoran Starfish dan PADI diving center. Sekadar rekomendasi, makanan di restoran Starfish ini dikelola langsung oleh pihak resort. Menu seafood dan pizza-nya patut diacungi jempol, lho. Maklum, pengelola dari resort ini merupakan orang Italia. Dan, jika ingin mengeksplor kekayaan bawah laut Kanawa, terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkel dan juga diving di PADI diving center.
Pulau Kanawa memang sangat cocok untuk sejenak pergi dari penatnya rutinitas hidup. Tinggal di Pulau Kanawa serasa tinggal di pulau pribadi. Ketenangannya, air lautnya yang biru dan jernih, keindahan bawah lautnya, serta keramahan yang ditawarkan Pulau Kanawa membuatku selalu ingin kembali ke sana.

You Might Also Like

0 comments